LIRA Sulsel Bakal Seret Dugaan Pencemaran Lingkungan PTPN XIV Burau ke Polda

Gubernur LIRA Sulsel Ryan Latief.

Gubernur LIRA Sulsel Ryan Latief.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Gubernur LSM Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Provinsi Sulsel, Ryan Latife mewarning PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XIV Burau, Luwu Timur, terkait dugaan terjadinya pencemaran lingkungan di Sungai Lagego, akibat adanya limbah yang berasal dari Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) PTPN XIV Burau.

Bahkan pihak LIRA Sulsel bakal menyeret hal tersebut ke meja Polda Sulsel apabila pihak PTPN XIV Burau Luwu Timur membiarkan hal ini.

“Tentu ini merupakan kesalahan fatal. Saya sudah komunikasi dengan Pengurus Lira Luwu Timur untuk segera mengambil langkah hukum apabila hal ini tidak segera ditindaki oleh pihak terkait dalam hal ini PTPN XIV Burau Luwu Timur,” tegas Ryan.

Dugaan Pencemaran lingkungan Sawit PTPN XIV Luwu Timur, sebut Ryan, bisa mengakibatkan pencemaran lingkungan dan dapat dipidana. Apalagi jika pencemaran lingkungan tersebut sudah menelan korban jiwa.

“LIRA Sulsel akan lakukan investigasi lanjutan dan segera melaporkan kasus ini ke Polda Sulsel sebagai langkah dugaan tindak pidana,” sebut Ryan.

Sementara pihak Pemerintah Luwu Timur melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Luwu Timur juga telah mengeluarkan surat teguran kepada PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XIV Burau, pada 13 Maret 2018 kemarin. (**)