Ada Korupsi di ATKP Makassar? Kejati Sulsel Periksa Sejumlah Saksi

Ilustrasi hukum. (foto: ist)

Ilustrasi hukum. (foto: ist)

MAKASSAR, DJOURNALIST.com  –  Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan, melalui Bidang Tindak Pidana Khusus (Pidsus) memeriksa sejumlah saksi terkait adanya dugaan korupsi di Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Makassar. Diduga, korupsi tersebut berasal dari proyek pengadaan alat laboratorium adrome control power yang dikelola ATKP Makassar pada 2017 lalu.

“Kita sementara periksa saksi-saksi terkait kasus ini,” ujar Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Sulsel, Salahuddin, Senin, 3 September 2018.

Meski demikian, Salahuddin enggang merinci sejauh mana proses penyelidikan kasus tersebut. Diduga, penyelewengan tersebut berasal dari APBN 2017 yang dikelola oleh Kementerian Perhubungan, terkait pengadaan proyek tersebut hingga miliaran rupiah.

“Masih tahap penyelidikan, kita belum bisa berikan informasi secara rinci,” sambungnya.

Dugaan korupsi tersebut tercium, ketika alat yang dimaksud, tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya dan fungsinya. Sebab, perangkat lunak untuk menjalankan alat tersebut tidak ada.

“Kita menemukan adanya indikasi korupsi pada proyek tersebut yang bisa menimbulkan kerugian negara,” jelasnya.

Walau demikian, pihak Kejati Sulsel sendiri enggang terlalu jauh membeberkan dugaan korupsi di lingkup ATKP Makassar tersebut. Sebab, pihaknya masih membutuhkan keterangan ahli untuk menentukan apakah benar ada penyelewengan serta kerugian negara pada proyek tersebut.